top of page
  • Writer's picturedoktermy

Proses operasi pergantian lutut

Fakta Operasi Penggantian Lutut: Apa Yang Terjadi Sebelum, Selama, dan Setelah Arthroplasti Lutut?



Selama periode waktu, karena usia lanjut atau cedera, lutut kehilangan fleksibilitasnya. Akibatnya, menjadi menyakitkan bagi orang untuk menekuk lutut mereka karena peradangan dan rasa sakit yang menyertainya. Mobilitas menjadi semakin terbatas dan rasa sakit meningkat ketika tulang rawan antara dua lutut habis-habisan seiring bertambahnya usia. Cidera lutut


Kondisi buruk sendi lutut dan tulang rawan di sekitarnya menyulitkan orang untuk bergerak, sehingga menghambat kinerja mereka dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Jika tidak ada yang dilakukan untuk memperbaiki kondisinya, situasinya hanya memburuk, menjadi lebih menyakitkan dan sulit. Penyakit tulang


Dalam kasus seperti ini, pembedahan sering direkomendasikan sebagai pengobatan lini pertama, paling sering setelah tidak ada bantuan dari rasa sakit akibat obat-obatan dan fisioterapi. Diperkirakan lebih dari 90 persen pasien mendapatkan manfaat dari prosedur ini.


Selama penggantian lutut, sendi lutut yang rusak karena cedera atau osteoarthritis diganti dengan implan mekanik. Para dokter dapat memutuskan untuk melakukan penggantian lutut total atau penggantian lutut parsial, tergantung pada kondisi lutut.


Pasien yang menderita osteoarthritis lutut sering dikelilingi oleh sejumlah pertanyaan, terutama yang berkaitan dengan apakah mereka harus menjalani penggantian lutut atau tidak atau jika ada pengobatan alternatif lain. Beberapa pertanyaan umum yang disarankan oleh pasien untuk menjalani penggantian lutut biasanya dibahas di bawah ini.


Pertanyaan 1: Apakah penggantian lutut total adalah satu-satunya solusi untuk menghilangkan nyeri osteoarthritis?


Tidak, penggantian lutut total bukan satu-satunya pilihan untuk menghilangkan rasa sakit. Namun, 90 persen dari semua operasi yang berhubungan dengan lutut termasuk penggantian lutut total. Pilihan lain yang dapat Anda pilih termasuk penggantian lutut parsial, penggantian lutut minimal invasif, terapi fisik dan kontrol nyeri menggunakan obat dan salep.


Dalam kasus penggantian lutut parsial, ahli bedah hanya memotong bagian lutut yang rusak dan menggantinya dengan implan mekanis. Sisa lutut dibiarkan dalam bentuk alami. Ini membutuhkan sayatan yang lebih kecil dan pemulihan cepat.


Namun, bentuk operasi minimal invasif ini dilakukan hanya oleh segelintir dokter spesialis. Selain itu, ada risiko bahwa osteoartritis dapat kembali di bagian lutut, yang ditinggalkan oleh dokter dalam bentuk alami. Ini mungkin memerlukan intervensi bedah lebih lanjut di masa depan.


Di sisi lain, bentuk minimal invasif penggantian lutut total adalah bentuk teknik yang lebih baru yang memungkinkan ahli bedah mengganti lutut tanpa membuat sayatan yang lebih besar. Ini menghasilkan lebih sedikit kerusakan pada jaringan, bekas luka minimal dan waktu pemulihan lebih cepat. Namun, manfaat jangka panjang dari teknik ini masih diteliti.


Pasien Osteoarthritis sering diresepkan obat, terapi fisik dan latihan di tingkat dasar. Penggantian lutut dianjurkan hanya ketika tidak ada bantuan dari teknik ini atau ketika gerakan benar-benar dibatasi karena rasa sakit dan peradangan yang parah.


Pertanyaan 2: Apa komplikasi yang terkait dengan prosedur ini?


Operasi penggantian lutut dianggap sebagai prosedur yang aman. Hanya sebagian kecil pasien yang mengalami komplikasi setelah penggantian lutut. Salah satu komplikasi bedah yang paling umum adalah terjadinya operasi pasca infeksi. Namun, sejauh ini hanya mempengaruhi 2 persen pasien.


Komplikasi lain mungkin termasuk pembekuan darah, kerusakan pada pembuluh darah dan jaringan sekitarnya, nyeri berulang dan penolakan implan atau defek di dalamnya.


Pertanyaan 3: Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk pulih?


Meskipun rumah sakit dan ahli bedah mengklaim bahwa pasien osteoarthritis dapat berjalan normal dalam waktu satu minggu operasi, mungkin diperlukan beberapa minggu bagi pasien untuk pulih dari operasi.


Segera setelah penggantian lutut total, pasien disarankan untuk menjalani kombinasi terapi fisik dan okupasi di rumah sakit itu sendiri. Terapi dapat dilanjutkan selama berhari-hari setelah pasien keluar dari rumah sakit. Biasanya, pasien penggantian lutut total harus tinggal di rumah sakit selama tiga hingga lima hari setelah operasi.


Para pasien mulai berjalan atau berdiri, dengan bantuan seorang pejalan kaki atau tanpa dukungan, ketika mereka meninggalkan rumah sakit. Rehabilitasi dan pemulihan berlanjut setidaknya dua bulan setelah operasi. Seiring dengan terapi okupasi dan fisik, beberapa rangkaian latihan sering dianjurkan untuk dilakukan di rumah untuk pemulihan cepat.


Pada akhir delapan minggu, pasien diharapkan untuk berdiri dan berjalan dengan baik tanpa dukungan dan melanjutkan melakukan pekerjaan rumah tangga. Namun, pemulihan bisa lambat pada beberapa pasien. Pasien sering diminta untuk menghindari jongkok dan menekuk lutut.


Pertanyaan 4: Apa yang sebenarnya terjadi selama operasi penggantian lutut? biaya pengapuran tulang

4 views0 comments
bottom of page