top of page
  • Writer's picturedoktermy

Menjaga kesehatan lutut dapat mencegah cidera acl

Tulang kaki ekstra? Sebenarnya, beberapa orang memiliki tulang ekstra di kaki mereka. Sebagian besar waktu, orang tidak akan pernah menyadari bahwa mereka memiliki tulang ekstra hadir di kaki mereka. Biasanya lebih kecil dari almond dan tersembunyi di kedalaman kaki, tulang kecil ini disebut aksesori ossicles (meskipun kadang-kadang istilah sesamoid membingungkan digunakan). Tulang ekstra ini tidak boleh disamakan dengan tulang sesamoid kecil yang normal yang dimiliki setiap orang di bawah sendi jempol kaki. Aksesori ossicles sering berbentuk bulat atau telur, dan dapat ditemukan di bawah sendi kaki, sepanjang sisi dan belakang kaki, serta di sekitar pergelangan kaki. Beberapa orang hanya memiliki satu, sementara yang lain mungkin memiliki banyak yang terletak di salah satu kaki.


Ada sekitar selusin tempat di mana mereka dapat muncul. Pengembangan ossicles aksesori terjadi karena berbagai alasan, tidak ada yang termasuk kanker. Untuk sebagian besar, tulang-tulang ini tersembunyi dan tidak akan menimbulkan gejala. Kadang-kadang, tulang-tulang ini bisa menjadi sumber rasa sakit tergantung pada lokasinya. Misalnya, ketika tulang duduk di bawah sendi jari kaki, keunggulan yang ditambahkan itu dapat menyebabkan sakit jagung atau tekanan sakit untuk berkembang. Ketika terletak di bagian dalam atau di luar kaki sepanjang tendon, kehadiran tulang pada akhirnya dapat mengiritasi tendon dan menciptakan peradangan. Hal ini terutama benar jika tulang duduk di dalam tendon, seperti yang sering terjadi. Jenis yang paling umum dari ossicles aksesori yang menyebabkan rasa sakit ditemukan di bagian dalam dan tepi luar kaki masing-masing. Tulang di bagian dalam disebut os tibiale externum, sedangkan tulang yang ditemukan di bagian luar kaki disebut os peroneum. Sering tersembunyi di bawah atau bahkan di dalam substansi tendon yang mengelilinginya, mereka berpotensi menjadi sumber tendonitis karena iritasi tendon di dekatnya adalah umum. Olesicle aksesori yang biasanya menyakitkan dapat ditemukan di bawah jempol kaki.





Disebut sebagai os interphalangeus, tulang ini terletak di bawah 'jari-jari kaki' sendi jari kaki di bagian bawah jari kaki. Sering menyebabkan kalus terbentuk di lokasi ini, dan kadang-kadang bisa menyakitkan. Pada penderita diabetes ini juga bisa menyebabkan luka di tempat yang sama. Tulang ekstra yang sama dapat ditemukan di bawah jari-jari kaki lainnya, meskipun ini cenderung lebih kecil daripada yang ada di bawah jempol kaki. Namun, sel telur aksesori lain ditemukan di belakang pergelangan kaki. Disebut os trigonum, tulang kecil ini sering dapat disalahartikan sebagai fraktur pada x-rays. operasi acl Kadang-kadang, tulang dapat mengiritasi tendon yang ada di belakang dan di sekitar pergelangan kaki, dan gerakan pergelangan kaki dapat menimpa tulang ini, menyebabkan rasa sakit tambahan. Perawatan untuk ossicles aksesori cukup sederhana. Jika tidak ada rasa sakit yang dirasakan, maka pengobatan tidak diperlukan. Cukup meninggalkan tulang saja sudah cukup. Tulang ekstra ini umumnya tidak menimbulkan masalah, dan tubuh cukup nyaman dengan kehadiran mereka. Namun, jika rasa sakit atau tendonitis akhirnya berkembang, langkah-langkah sederhana untuk mengurangi peradangan, seperti icing, obat anti-inflamasi, dan dukungan kaki dengan penjepit sementara dapat membantu. Ketika tulang-tulang ini menonjol di bawah kulit, perawatan jagung atau kalus yang berkembang sangat membantu. Perawatan ini dapat mencakup bantalan atau sepatu yang lebih lebar. Ketika luka tekanan berkembang sebagai akibat dari tekanan yang berat, perawatan dan perlindungan kulit sangat penting untuk mencegah masalah yang lebih serius, seperti infeksi. Ada mencapai titik di mana operasi mungkin diperlukan untuk mengekstrak tulang ekstra. Nyeri kronis atau luka tekan adalah indikasi yang baik untuk ekstraksi operasi ossicles aksesori, serta tendonitis yang tidak akan sembuh dengan tindakan non-bedah. Ketika tendon terlibat, tendon juga kemungkinan akan membutuhkan perbaikan dan dukungan selama pemulihan, karena beberapa insisi ke dalam tubuh tendon diperlukan untuk 'membersihkan' tulang. biaya operasi acl Penghapusan ossicle aksesori biasanya menghilangkan semua rasa sakit dan pertumbuhan kembali tulang tidak terjadi. Seperti yang bisa dilihat, ossicles aksesori adalah umum di kaki manusia, dan umumnya hanya rasa ingin tahu pada film x-ray. Ketika rasa sakit terjadi, mereka mudah dilepas jika bantalan atau perubahan pada sepatu tidak meredakan gejala. Mereka tidak bersifat kanker juga tidak mengubah cara seseorang berjalan ketika tidak ada rasa sakit.

Refrensi: https://dokter.my/ortopedi/cedera-acl

20 views0 comments
bottom of page